APALAH ARTI SEBUAH NAMA

August 23, 2010

Nama..

Setiap insan didunia ini pasti memiliki nama..

Nama bisa mewakili pribadi seseorang, dan mencerminkan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari..

Nah, itu dia kalimat pembuka yang singkat, padat dan tidak jelas karena saya sendiri  bingung untuk menulis kalimat pembukanya :p

Oke, Nama. seperti yang dikatakan saya tadi, setiap manusia pasti memiliki nama dan nama itu sendiri pasti memiliki arti. Arti sebuah nama yang diberikan orangtua kita sejak kita keluar dari rahim ibu kita pasti mengandung makna tertentu, bersifat positif tentunya (masa’ ngasih nama anak artinya negatif).

Nama saya Bimo Baroto. kenapa saya beri nama demikian?

Pertama, orang tua saya berasal dari jawa timur, Banyuwangi lebih tepatnya. Nah, si bokap saya ini demen banget sama yang namanya Wayang, Pandawa 5 khususnya. Nah, pandawa 5 terdiri dari Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula & Sadewa. Karena bokap saya ini ingin anaknya tumbuh menjadi makhluk yang kuat, alhasil si Bima lah yang terpilih dijadikan nama. Sudah terpilihnya Bima, nama ini pun agak sedikit dimodifikasi. Dengan latar belakang wong jowo, bokap pun merubah “a” menjadi “o”. Seperti yang kita tahu ya kalau orang jawa berbicara huruf vokal selalu dihiasi dan didominasi dengan “o”. ngono lo critane..

Kedua, Baroto. Mengapa Baroto? Hmm.. Begini ceritanya..

Alkisah, dulu terjadi perselisihan antara keluarga Pandawa yang dipimpin oleh Yudhistira melawan sepupu mereka, yaitu para Korawa yang dipimpin oleh Duryudana. Nah, perselisahan tersebut diberi nama Mahabharata. Dari situlah bokap saya mendapat insprirasi untuk nama belakang saya. beliau mengambil kata bharata yang kemudian dia modifikasi, lagi-lagi dengan aksen khas orang jawa, yakni menjadi Baroto.

Bima

Oh, sedikit informasi untuk para pembaca, saking tergila-gilanya dengan dunia perwayangan, bokap saya memberikan semua nama anaknya dengan nama wayang! WOW! Mau tahu siapa saja? Check this out!.

1. Bimo Baroto, modifikasi dari Bima Bharata.

2.Betari Britania, Betari adalah seorang Dewi di negeri Pandawa.

3.Bismo Batoro, modifikasi dari Bhisma, Kakek dari Bima, sedangkan Batoro modifikasi dari Baroto, sungguh kreatif!

4. Bito Basudewo, Bito merupakan kepanjangan dari Bimo Baroto, sedangkan Basudewo adalah seorang prabu di pandawa

Begitulah sekiranya kisah klasik yang dapat saya sampaikan, maaf bila ada salah-salah kata.

Wassalam.

Leave a comment